KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) DALAM KEGIATAN KAMPUS MENGAJAR DI KABUPATEN BARRU
Keywords:
Kebijakan, Merdeka Belajar, Kampus MengajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam kegiatan Kampus Mengajar di Kabupaten Barru. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan studi laporan hasil pelaksanaan kampus mengajar bagi mahasiswa yang telah melaksanakan kegiatan tersebut di tiga Sekolah Dasar di Kabupaten Barru. Melalui analisis laporan akhir mahasiswa serta studi dokumentasi atas kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa peserta kampus mengajar, penelitian ini melibatkan empat mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Al Gazali Barru, dengan dua mahasiswa dari angkatan 3 dan dua mahasiswa dari angkatan 4.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Kampus Mengajar memberikan kontribusi positif bagi mahasiswa dalam peningkatan pengetahuan, wawasan, serta interaksi sosial dengan masyarakat sekolah. Mahasiswa juga dapat mengembangkan pemahaman tentang karakter dan kepribadian siswa serta menjalin hubungan baik dengan komponen sekolah. Namun, terdapat beberapa hambatan seperti keterbatasan waktu yang masih menjadi kendala dalam implementasi program. Saran yang disampaikan mencakup pentingnya menjadikan program Kampus Mengajar sebagai sarana pendewasaan diri bagi mahasiswa, serta perlunya menjaga solidaritas dan kerjasama di luar program tersebut. Bagi pihak penyelenggara, disarankan untuk sering melakukan kunjungan dan evaluasi ke mitra sekolah guna meningkatkan efektivitas program di masa mendatang