Efektivitas Pelaksanaan Perda Nomor 5 Tahun 2011 Tentang Pelayanan Publik pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Barru

Authors

  • Safaruddin Institut Teknologi Bisnis dan Administrasi Al Gazali Barru Author
  • A. Ariyadi Institut Teknologi Bisnis dan Administrasi Al Gazali Barru Author
  • Andi Muhammad Ishak Ismail Institut Teknologi Bisnis dan Administrasi Al Gazali Barru Author

Keywords:

Efektivitas, pelayanan publik, mal pelayanan publik

Abstract

Sesuai dengan arahan Bupati dan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun  2011 tentang pelayanan publik, Mal Pelayanan Publik (MPP) Masiga di Kabupaten Barru telah menerapkan Undang – Undang Dasar Nomor 25 Tahun 2009. Penelitian ini mengumpulkan, menyeleksi, dan menganalisis berbagai sumber pustaka, termasuk buku, jurnal, dan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kinerja pelayanan administrasi bagi masyarakat serta faktor pendukung dan penghambat kepercayaan masyarakat terhadap MPP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan Peraturan daerah Nomor 5 Tahun 2011 di MPP Masiga Kabupaten Baarru telah menghasilkan standar operasional pelayanan yang melibatkan kerja sama dengan BPJS dan Kepolisian resor Barru melalui nota kesepakatan. Faktor penghambat pelayanan termasuk kurangnya sosialisasi kepada masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang buruk. Faktor yang mendukung adalah kehadiran MPP yang menyatukan semua layanan administrasi pemerintah dalam satu tempat.

Downloads

Published

2025-02-25

Issue

Section

Articles