INOVASI PRODUK DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Umkm Pada Ruas Jalan Holtekam Di Kota Jayapura)

Authors

  • Kartika Institut Teknologi Bisnis dan Administrasi Al Gazali Barru Author
  • Kartini Universitas Sepuluh Nopember Papua Author

DOI:

https://doi.org/10.71324/aq06yr88

Keywords:

manajemen, inovasi produk, keunggulan bersaing, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi produk dan keunggulan bersaing terhadap keputusan pembelian pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ruas jalan holtekamp di Kota Jayapura. Dalam penelitian ini menyoroti signifikan UMKM tdengan mayoritas bisnis mikro. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh UMKM yang beroperasi sepanjang jalan holtekamp di kota jayapura. Sampel dari populasi tidak tersedia, maka penelitian ini menggunakan teknik sensu sampling untuk memilih responden. Sebanyak 52 kuesioner dibagikan kepada pemilik UMKM yang bersedia untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Sebelumnya, kuesioner telah diuji coba untuk memastikan instruksi dan pertanyaan dipahami dengan baik. Data yang diperoleh dari kuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan perangkat SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk memiliki efek positif langsung dan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan keunggulan bersaing memiliki efek positif langsung namu tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, serta selain itu inovasi produk dan keunggulan bersaing memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil ini memberikan implikasi teoritis dan praktis bagi bidang pemasaran dan memberikan rekomendasi bagi UMKM untuk meningkat.

Published

2025-08-11

Issue

Section

Articles